Selasa, 22 Mei 2012

Lks


LEMBAR KERJA  SISWA
BANGUN DATAR ‘’SEGITIGA’’
RASIONAL
            Bangun datar segitiga dapat ditemukan dimana saja melalui benda-benda konkrit yang ada disekitar kita.Untuk menentukan titik berat yang ada pada bangun tersebut bisa dengan mengukur  bangun yang berbentuk segitiga dan mencari dimana titik beratnya.Hal ini tentu membantu untuk bisa menghitung panjang garis dan menentukan titik berat dari bangun segitiga tersebut.
TUJUAN
·         Siswa dapat memperagakan dengan benda konkrit titik berat segitiga
·         Siswa dapat menghitung panjang garis pada segitiga
·         Siswa dapat menentukan titik berat segitiga.
PETUNJUK
1.      Siswa diminta untuk memperhatikan suatu benda yang berbentuk bangun segitiga
2.      Siswa diminta untuk menghitung panjang garis dari bangun segitiga
3.      Siswa diminta untuk menentukan titik berat segitiga
Deskripsi Teoritis
Menentukan titik berat suatu segitiga melalui peragaan
Untuk dapat menentukan letak atau posisi titik berat,lakukan kegiatan berikut ini:
Sediakan sebuah segitiga sembarang  yang sudah diberi nama sudut A,B dan C dari tripleks atau kertas karton tebal dan benang,bisa juga dengan menggunakan  penggaris siku-siku.Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:
Ø  Segitiga digantung dengan benang pada sudut A,kemudian tariklah garis vertical  lurus dengan benang,garis tersebut disebut garis berat.
Ø  Begitu juga selanjutnya segitiga digantung dengan benang pada sudut B,kemudian tariklah garis lurus dengan benang,garis tersebut juga disebut garis berat.
Ø  Lalu yang terakhir segitiga digantung pada sudut C,kemudian tariklah garis vertical  lurus dengan benang,garis lurus tersebut juga dinamakan garis berat.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari garis berat ketiga diatas dapat dinamakan   titik berat segitiga yang bisa diberi simbol T.
  
LATIHAN:
1.      Pada segitiga ABC ,AB = 6 cm dan AC =BC = 5 cm.Tentukan panjang garis berat yang melalui C.
2.      Segitiga PQR adalah segitiga siku-siku dengan siku-siku di B.Jika panjang  AB = 8 cm dan BC =15 cm,tentukan panjang garis berat yang melalui titik B. Kemudian,jika O adalah letak titik beratnya,tentukan BO.
3.      Misalkan CD adalah garis berat pada segitiga ABC dengan AB = 16 cm,AC = BC = 10 cm .Jika E adalah titik berat segitiga   ABC, tentukan
a.      Panjang CE
b.      Perbandingan panjang CE: Panjang DE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar